September 05, 2010

12 Konsep Kota Bawah Laut yang Menakjubkan


Yang kita tahu sekarang ini populasi manusia di dunia sudah sangatlah padat, tanah untuk menampung semua penduduk juga semakin menyempit, hal itulah yang akan mendorong sebuah solusi untuk menyelesaikan masalah ini. Kota bawah laut, yupss.. kota bawah laut mungkin akan dibangun ketika daratan bumi sudah sesak oleh bangunan-bangunan, manusia, dan juga sekarang air laut telah meningkat. Lebih dari 70% dari bumi tertutup air, laut akan menelan semua yang berada di sekitar garis pantai. 12 ide ini telah dibicarakan, fiksi ilmiah untuk membangun proyek besar besaran di bawah laut, mungkin bumi kita akan mempunyai dunia akuatik permanen.

1. Sub Biosphere 2
Bayangkan saja sebuah kota yang mengambang di permukaan laut dan bisa kembali ke dasar laut. Kota ini mempunyai segala kebutuhannya, Sub Biosphere 2 adalah konsep kota terendam yang mempunyai 8 bagian dan 1 pusat, yaitu didalamnya ada tempat tinggal, lapangan pekerjaan, dan pertanian biomes yang mengelilingi sebuah biome pusat besar yang berisi semua kebutuhan dan peralatan agar kota ini tetap hidup. Secara teoritis, kota ini dapat menampung kebutuhan yang cukup untuk waktu yang sangat lama, Sub Biosphere 2 juga merupakan bank benih yang bisa bertahan jika ada badai perang nuklir.

2. The Gyre – A Floating Skyscraper



Secara teknis, konsep ini adalah konsep bangunan pencakar langut yang mengambang di dasar laut. Bangunan ini dapat mengatur tinggi hingga 400 dari dasar laut ke permukaan laut. Di permukaan laut ada 4 lengan gedung yang berguna sebagai pelabuhan besar. Bangunan ini didukung energi matahari, energi angin dan energi gelombang. Di dalamnya terdapat stasiun penelitian dan sebuah resort lengkap dengan toko-toko, taman, restoran, dan tempat hiburan.

3. Jellyfish-Inspired Ocean City for Australia



Beberapa kota bawah laut terdapat di dasar dan tidak terlihat. Konsep kota ini terinspirasi dari ubur-ubur dari Australia, bangunan ini berkonsep seperti organisme yang masing-masing bangunannya memiliki tugas khusus, seperti memproduksi makanan, dan tempat perumahan. Konsep ini dirancang oleh Arup Biometrik untuk sekarang dan ketika terjadi persaingan urbanisasi di Australia. Bangunan ini sangatlah elegan, karena dapat mengapung dan mengalir mengikuti alunan gelombang laut.

4. Trilobis 65 Underwater Home



The 65 Trilobis diciptakan oleh Giancarlo Zema Design Group, pada tahun 2001 dan tidak proyek hanya pencipta atau paling menarik, yang memiliki kurikulum yang luas dan imajinatif di daerah ini. Pada intinya, konsep ini cukup sederhana: sebuah bentuk oval dengan panjang 20 meter dibagi menjadi empat tingkat dihubungkan dengan tangga spiral pusat. Tingkat terendah adalah gelembung kaca besar yang memungkinkan pengamatan di bawah air sedangkan tingkat atas memiliki kamar tidur, makan, sosial dan daerah kontrol.Aspek yang sangat menarik dari kapal pesiar ini / rumah adalah kemungkinan itu pengelompokan dengan yacht lain dari typa yang sama, menciptakan "koloni mengambang" atau komunitas. untuk membuat yang mungkin, buritan memiliki bentuk bundar yang memungkinkan untuk cocok dalam ponton melingkar.Tanpa ragu, Ini konsep masa depan.Trilobis 65 mempunyai empat tingkat terpisah yang dihubungkan dengan tangga. Tingkat teratas adalah 3,5 meter di atas permukaan laut. Tingkat berikutnya di 1,4 meter di atas permukaan laut. Tingkat ketiga terletak di 0,8 meter di bawah permukaan laut dst.

5. Amsterdam’s Underwater Future
Penduduk Amsterdam semakin padat karena penduduknya semakin bertambah dan tanah disini juga tidak luas, masalah akan bertambah buruk jika air laut semakin menaik akibat pemanasan global. Ada konsep arsitektur bangunan bawah laut untuk kota ini, bangunan ini mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Perancang Moshe Zwarts merancang suatu sistem pengeringan, saluran udara dan ruang untuk parkir, belanja dan juga rekreasi.

6. Water-scraper Self-sufficient Floating City


Kota ini adalah kombinasi dari the Gyre – A Floating Skyscraper dan Jellyfish-Inspired Ocean City for Australia, kota ini merupakan kota bawah laut pencakar langit yang terbaik yang menggunakan teknologi biomimicry yang menakjubkan. Perancang Sarly Adre bin Sarkum dari Malaysia mengatakan "tentakel yang bercahaya di kota ini akan memberikan fauna-fauna laut tempat tinggal dan berkumpul sambil mengumpulkan energi melalui gerakan kinetik.



7. Hydropolis Hotel


Hydropolis Underwater Hotel and Resort merupakan sebuah hotel terencana yang akan menjadi resor mewah bawah laut pertama di dunia. Terletak 66 kaki di bawah permukaan teluk persia, lepas pantai Jumeira di Dubai. Dilengkapi dengan beton dan besi, dinding plexiglas dan atap melengkungnya akan membolehkan tamu melihat ikan dan makhluk laut lainnya. Terbagi menjadi tiga bagian: Stasiun darat, dimana tamu disambut; terowongan penghubung, yang akan mengangkut tamu menggunakan kereta menuju wilayah utama hotel; dan 220 suite di komplek bawah laut itu. Luasnya akan mencapai 260 hektar, seluas Hyde Park di London, dan senilai £300 juta. Hotel ini dianggap sebagai hotel berbintang 10.hotel tersebut dijadwalkan dibuka tahun 2007. Tetapi, pada februari 2008, peluncuran Hydropolis ditunda, karena masalah biaya dan dampak proyek terhadap kehidupan laut, proyek ini telah mengalami penundaan besar, dan dijadwalkan dibuka tahun 2009. Hotel itu, bersama dengan proyek kembar lainnya, sedang dibangun oleh Crescent Hydropolis Holdings LLC, sebuah firma yang secara khusus dibentuk untuk pembangunannya. Perancangnya adalah Joachim Hauser. 

8. Poseidon Undersea Resort

 

Poseidon Undersea resort terletak di sebuah pulau pribadi yang mempunyai luas 225 hektar di dekat kepulauan Fiji, Samudra Pasifik. Paket yang ditawarkan oleh Poseidon Undersea resort yaitu menginap selama satu minggu (7 hari 6 malam) dengan 4 malam pertama menginap di sebuah bungalo luas yang sangat indah. Di bungalo ini, para tamu bisa menikmati semua fasilitas yang dimiliki oleh poseidon undersea resort, diantara lain : Makan malam, spa, scuba diving, parasailing dan melakukan tur dengan menggunakan kapal selam. Bahkan hotel ini menyediakan paket pernikahan yang fantastis apabila anda tertarik untuk melangsungkan pernikahan di hotel mereka. Harga yang ditawarkan oleh Poseidon Undersea resort untuk menginap selama satu minggu adalah $15.000 per orang atau sekitar 150 juta rupiah. Berarti anda harus merogoh kocek sekitar 22 juta untuk menginap sehari.

9.  Alexandria’s Underwater Museum


Hanya sedikit orang yang pernah melihat sisa-sisa dari peninggalan Alexandria kuno di laut Mediterania. Tapi semua harta tersebut telah ditemukan oleh pada tahun 1990-an, termasuk 26 patung Sphinx. Museum ini akan menjadi museum bawah air pertama di dunia, bangunan ini mempunyai 4 layar yang berfungsi sebagai kompas. Museum ini juga akan mengikuti konvensi UNESCO dalam pelestarian warisan budaya bawah air. Perancang masih akan menentukan bagaimana membangun museum ini tanpa mengganggu atau merusak artefak-arfefak yang tak ternilai tersebut.

10. Minnesota’s Secret Underwater City


Sejak tahun 1996, orang telah terpesona oleh rahasia kota bawah laut, terutama kota bawah laut kuno, tetapi kota yang satu ini tidak berada di bawah laut. Kota ini berada jauh di dalam sungai Minnesota. “Official Mankato, MN web page” sudah banyak memikat wisatawan yang ingin mengunjungi sungai ini. Kota ini diperkirakan sudah ada sekitar 4.000 sm, yang telah dikonfirmasi oleh "“World Famous Astrogeologist Seymour bottoms.” situs ini diciptakan oleh seorang profesor di Minnesota State University untuk menunjukkan kepada murid-muridnya tentang keberadaan kota tersebut. Tetapi dalam situs ini mengatakan bahwa anda tidak harus percaya tentang kota ini, dan situs ini juga membuat beberapa orang sangat kecewa dan juga membuat bingung para wisatawan.

11. Bioshock’s Underwater City of Rapture

Konsep kota ini tidak mungkin menjadi kenyataan, tetapi kota bawah air yang paling menakjubkan yang pernah dibayangkan. Kota ini adalah kota yang ada dalam permainan Bioshock 2, awalnya bangunan ini dibuat sebagai perlindungan pasca perang dunia II. Gambar ini adalah salah satu dari beberapa konsep seniman yang menggambarkan kemuliaan Art Deco.

12. R’lyeh, Home of Cthulu 


Jauh sebelum salah satu kota di bawah laut yang di impi-impikan manusia, ada sebuah gambaran dari H.P. Lovecraft’s of R’lyeh kota metropolis yang paling menarik, yaitu Atlantis. Seorang ilustrator bernama John Coulthart menggambarkan bahwa kota bawah laut adalah kota yang sangat menyeramkan karena kehidupan di laut tidak seperti kehidupan di darat.


Note : Tidak ada yang tidak mungkin didunia ini kalau Allah menghendaki pasti akan terwujud. misalnya saja teknologi 3G, yang dulunya hanya hayalan belaka akan tetapi siapa sangka bisa dibuat, yang dulu hanya kital ihat pada film fiksi yang dibuat oleh MGM. Nah, Semoga Konsep ini bisa terwujud. Insya Allah

No comments :

Post a Comment