October 10, 2013

Teknologi Kantor di Masa Mendatang

Inovasi teknologi telah merubah cara manusia hidup dan bekerja. Pada tahun 1959, mesin fotokopi dan printer telah mengubah cara kantor beroperasi. Kemudian muncul opsi penyimpanan data elektronik yang menyingkirkan kebutuhan akan lemari yang penuh dengan kertas. Sekarang, manusia bisa bekerja dari manapun dengan ponsel pintar dan komputer tablet. Lalu, apa berikutnya? 

Ucapkan selamat tinggal pada email yang menumpuk. Peranti lunak pintar sedang dikembangkan untuk membuat tempat kerja anda menjadi serba otomatis, sehingga Anda dapat melakukan hal lain. Seseorang mengirimkan pertanyaan pada Anda? Peranti lunak ini dapat membuatkan respon dengan mengumpulkan data di Web atau pusat data lainnya untuk jawaban yang relevan. Hal ini dapat banyak menghemat waktu Anda dalam membalas email.



Tanda pengenal pegawai yang ditanami sensor akan membantu perusahaan melacak pegawainya, memberikan masukan tentang perilaku pegawai yang dapat menginspirasi perubahan terhadap desain kantor, rapat-rapat, dan lain-lain. Sebagai contoh, kegelisahan yang nampak pada pekerja ketika bekerja di mejanya mungkin menunjukkan bahwa sudah saatnya mengganti kursi kerjanya. Dan rapat yang kurang partisipasi aktif dari pesertanya mungkin harus dipersingkat.


Tahun 2016, hampir 40% dari bisnis di A.S. tidak akan lagi menggunakan gadget yang diberikan kantor seperti iPad, Blackberry, dan bahkan komputer, agar pekerja dapat menggunakan gadget sesuai pilihan mereka masing-masing. Hal ini dilakukan untuk membantu perusahaan menghemat pengeluaran.






Pakaian kerja di masa yang akan datang akan menjadi lebih nyaman dibandingkan dengan yang sekarang Anda kenakan. Bahan yang akan menyesuaikan pakaian tersebut dengan keadaan yang Anda butuhkan, misalnya saat kedinginan atau kepanasan -- sehingga dapat menghemat biaya perusahaan untuk pendingin ruangan. Pakaian masa depan juga akan dapat mengisi baterai ponsel Anda dan bisa dikomputerisasi sehingga dapat menjadi tanda pengenal Anda.


Pengisian baterai tanpa kabel akan sangat menolong pekerja yang sangat bergantung pada gadgetnya. Meja dan furnitur kantor akan dilengkapi dengan pengisi baterai nirkabel.








Berkeliling kantor dan dilengkapi monitor video di kepalanya, robot akan menjadi manajer dan penjaga keamanan dengan rekaman video tentang apa yang terjadi dan siapa melakukan apa. Pekerja mekanik ini akan mampu untuk berhenti dan berbicara dengan manusia, bahkan ikut berdiskusi dengan mereka. Interaksi ini akan membantu robot tersebut untuk meningkatkan penyampaian informasi dan produktivitas sambil mengurangi pekerjaan manajer untuk berkeliling secara fisik.


Pesawat kecil akan mampu untuk secara otomatis berkeliling sepanjang koridor dan tangga di sebuah gedung perkantoran dan pabrik untuk melacak pekerja, mengirimkan paket kecil, dan menjadi 'mata dan telinga' para pengawas. Beberapa juga akan dilengkapi dengan layar kecil, sehingga pengawas mambu berkomunikasi lewat video secara langsung dengan pekerjanya.




Ruang rapat masa depan akan memiliki beberapa layar komputer yang bekerja bersamaan. Teknologi spasial akan memungkinkan Anda untuk memindahkan presentasi PowerPoint ke layar yang berada di sisi lain ruangan, hanya dengan gerakan tangan atau remote control khusus. Anda juga akan dapat memindahkan dan meletakkan file di layar berbeda, serta membuat model visual hanya dengan menggerakan tangan Anda, menganggukan kepala, atau bahkan hanya dengan gerakan mata Anda. 

Source : yahoo.com

No comments :

Post a Comment